20 Mei 2024

Sepeda motor matik (automatic) termasuk kendaraan yang cukup populer di Indonesia karena tergolong praktis dibawa beraktivitas. Sayangnya, beberapa pemilik sepeda motor mengabaikan sejumlah perawatan ‘sepele’ yang sebenarnya krusial. Salah satunya ganti oli untuk motor matic.

Bukan hanya melumaskan mesin, oli punya fungsi-fungsi lain seperti menjaga temperatur pada komponen motor hingga menjaga performa kendaraan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan penggantian sepeda motor matik kalau tak ingin menghadapi kerusakan parah.

Akibat jarang mengganti oli motor matik

Apa yang akan terjadi saat sepeda motor matik jarang atau sama sekali tak diganti olinya? Anda sebagai pemilik kendaraan akan menghadapi berbagai risiko. Sebut saja bunyi mesin yang terdengar kasar saat dinyalakan dan cepat overheat saat terjebak di tengah kemacetan. Pada kasus yang lebih parah, sepeda motor akan mengalami turun transmisi atau mesin dalam waktu cepat.

Kemudian, biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan bakar akan lebih besar. Hal ini disebabkan bahan bakar yang cepat habis dan penggunaannya menjadi boros. Kalau dibiarkan sampai merusak komponen lain, bukan tidak mungkin biayanya sampai membengkak, sebab Anda harus membeli spare part baru.

Memilih oli terbaik untuk sepeda motor matik

Risiko-risiko di atas hanyalah segelintir risiko yang akan Anda hadapi saat abai mengganti oli pada sepeda motor matik. Maka ada baiknya Anda membiasakan diri untuk melakukan pemeliharaan ini dengan mencari oli terbaik dari tips berikut:

  • Sudah memenuhi standar API. American Petroleum Institute (API) merupakan lembaga yang menentukan kredibilitas standar kekentalan oil yang aman untuk sepeda motor. Jadi, pastikan oli pilihan Anda sudah mengantungi label API;
  • Mempunyai kode SAE. Selain API, kode SAE menjadi indikator lainnya yang membantu Anda memilih oli terbaik untuk sepeda motor. SAE merupakan lembaga internasional yang menetapkan indeks kekentalan oil. Semakin kecil skornya, semakin encer oli tersebut;
  • Punya reputasi baik. Pemilik kendaraan mana yang ingin ambil resiko memakai oli dari produsen yang reputasinya buruk? Jadi, tak ada yang salah dengan mempertimbangkan reputasi. Dalam hal ini, Idemitsu adalah salah satu merek yang direkomendasikan;
  • Pilih oli sesuai rutinitas. Perhatikan rutinitas yang Anda lakukan dengan sepeda motor matik, apakah tergolong ringan atau berat? Sesuaikan oli yang dibutuhkan dengan rutinitas tersebut supaya mesin kendaraan tetap terjaga performanya;
  • Kekentalan sesuai spesifikasi. Kekentalan oli yang diperlukan sepeda motor matik beda dengan jenis motor lainnya. Untuk motor dengan transmisi matik, sebaiknya pakai oli yang kekentalannya adalah API L.

Bagaimana, masih malas ganti oli sepeda motor matik? Kalau memang Anda sibuk dan tak sempat melakukannya, serahkan pemeliharaan tersebut kepada mekanik di bengkel resmi dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *