20 Mei 2024
Penting! Pengertian 2fa, Fungsi dan Cara Kerjanya

Ketika Anda menggunakan Layanan Internet Fiber Optic Jakarta, Anda juga perlu memperhatikan keamanan akun online milik Anda. Salah satu fitur yang bisa Anda pertimbangkan adalah 2fa.

Masalah keamanan akun online tidak dapat Anda anggap sepele. Karena jika digunakan oleh orang yang salah, maka akan menimbulkan kerugian dan merusak citra diri Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengantisipasinya.

Agar terhindar dari kejahatan online yang mengancam privasi dan keamanan data pribadi Anda. Fitur keamanan ganda bisa Anda aplikasikan pada platform website maupun aplikasi online yang menyimpan banyak identitas diri para penggunanya.

Penting! Pengertian 2fa, Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu 2fa?

2fa adalah akronim dari Two Factor Authentication yang berupa fitur keamanan khusus akun online. Fitur ini nantinya akan melakukan proses verifikasi identitas diri pemilik akun sebanyak 2 kali.

Contohnya, apabila Anda mau log in ke akun Google, tentunya Anda akan memasukkan username dan juga password. Kemudian fitur keamanan akan mengirimkan kode khusus ke nomor ponsel Anda yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membuka akun Google Anda.

Fungsi Two Factor Authentication

Berikut ini beberapa fungsi dari 2fa adalah:

  • Memberikan pengamanan ganda bagi akun pengguna jejaring sosial. Oleh sebab itu, sistem ini menggunakan nomor telepon Anda ketika mengirimkan kode rahasia.
  • Mencegah tindak kejahatan yang ada di internet dan pembobolan akun media sosial.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website atau pengguna aplikasi Anda.
  • Menghemat biaya operasional dan waktu untuk memulihkan akun yang terkena pembobolan oleh pihak tak bertanggung jawab.
  • Sebagai solusi bagi password akun yang lemah atau password yang sama untuk beberapa akun.

Cara Kerja Two Factor Authentication

Lalu, bagaimanakah cara kerja dari 2fa? Simak ulasannya berikut ini!

  • Pada saat Anda akan mengaktifkan fitur Two Factor Authentication, Anda akan diminta untuk menginput nomor ponsel ke kolom yang sudah tersedia.
  • Setelah Anda menginput nomor ponsel, berikutnya fitur keamanan ini akan mengirimkan kode khusus dan rahasia ke nomor ponsel Anda untuk melanjutkan proses verifikasi akun.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menginput kode khusus tersebut pada kolom verifikasi akun. Pastikan Anda menginput kode dengan benar.

Yuk, Amankan Akun Anda dengan 2fa!

Fitur 2fa telah terbukti ampuh dalam mengamankan website dan akun media sosial Anda melalui proses verifikasi tambahan. Jika Anda memanfaatkan Two Factor Authentication, risiko kebocoran data pribadi dan pembobolan akun bisa Anda minimalisir.

Khususnya bagi website toko online atau platform yang menyimpan data pribadi para penggunanya. Pada saat ini Anda juga telah bisa belajar cara mengaktifkan fitur keamanan pada website menggunakan bantuan plugin. Nantinya, setiap Anda melakukan akses menuju login area atau ke dashboard WordPress akan memakai verifikasi ganda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *