4 Tips Belajar TOEFL Efektif untuk Pemula

Bagi orang-orang yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, rasanya belajar TOEFL menjadi suatu keharusan. Pasalnya, TOEFL merupakan salah satu syarat supaya bisa diterima di salah satu universitas luar negeri. Kalau nilai TOEFL-nya tidak sesuai dengan yang diminta, otomatis kamu akan kesulitan untuk diterima di luar negeri. Bahkan, tidak cuman kuliah saja. Jika kamu ingin lulus kuliah pun nilai TOEFL menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu, sebaiknya TOEFL ini wajib kamu perhatikan dari sekarang. Kamu bisa belajar TOEFL dari buku, internet, ataupun mengikuti kursus bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa belajar efektif dengan cara-cara di bawah ini:

Cari waktu belajar yang tepat

Dalam sehari, usahakan cari waktu belajar yang tepat, entah itu pagi, siang, atau malam. Hal ini tentu sesuai preferensi masing-masing pribadi. Jika sudah ketemu, luangkah waktu sekitar 1 sampai 2 jam untuk belajar materi-materi TOEFL, mulai dari listening, reading, grammar, dan lain-lain.

Lakukan hal ini secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sering-sering latihan soal

Saat hendak melaksanakan ujian TOEFL, disarankan untuk mulai rajin latihan soal-soalnya. Hal ini akan memudahkanmu dalam mengerjakan ujiannya nanti.

Kamu bisa menemukan contoh soal TOEFL di internet ataupun buku-buku yang tersebar di toko buku.

Latih kemampuan listening

Seperti yang kita ketahui, dalam ujian TOEFL ada sesi listening, di mana kita harus mengerjakan soal dari mendengarkan orang berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, diusahakan untuk melatih kemampuan listening juga dari awal untuk mempertajam pendengaranmu tentang bahasa Inggris.

Membaca tulisan bahasa Inggris

Supaya tidak miskin kosakata, kamu bisa mulai membaca tulisan-tulisan bahasa Inggris, baik itu artikel maupun jurnal. Semakin banyak kosakata, maka semakin mudah kamu dalam memahami soal-soal TOEFL yang bersifat reading. Selain itu, hal ini juga melatihmu dalam reading bahasa Inggris.

Itu dia empat cara yang efektif dilakukan oleh pemula dalam belajar TOEFL. Supaya kamu lebih jelas dalam proses pembelajarannya, kamu juga bisa beli buku panduan TOEFL di toko-toko buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.