20 Mei 2024

Guna memuaskan para penggunanya, Canon merilis berbagai jenis lensa kamera dengan varian harga serta kualitas yang berbeda. Penjualannya pun merata di setiap negara, sehingga konsumen di berbagai belahan dunia manapun tidak perlu khawatir kesulitan menemukan lensa untuk kamera Canon mereka.

Meskipun beberapa jenis lensa dijual dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan produk kompetitor, kualitas lensa produksi Canon tidak perlu diragukan. Walaupun menetapkan harga yang terjangkau, Canon tetap menjaga built quality dari produk yang dirilis oleh perusahaan mereka.

Sebelum membeli lensa Canon, penting sekali untuk mengetahui jenis lensa yang cocok dengan kamera yang dimiliki. Sebab bila tidak, lensa kemungkinan tidak dapat dipasang, atau tidak berfungsi secara maksimal. Canon sendiri membagi jenis kameranya menjadi dua macam, yaitu : Lensa Canon EF, Lensa Canon EF-S, dan Lensa Canon EF-M.

Lensa Canon EF

EF merupakan singkatan dari Electofocus. Lensa jenis ini diperuntukkan bagi kamera Canon yang memiliki sensor full-frame. Ciri khasnya adalah memiliki simbol berbentuk titik dengan warna merah yang terang di bagian belakangnya. Lensa ini memiliki diameter besar dan salah satunya cocok dengan kamera Canon 1100D. Semua lensa fix atau primer Canon berjenis EF.

Lensa Canon EF-S

EF-S adalah akronim dari Elektrofocus Short-black. Lensa ini ditujukan bagi kamera non-full frame produksi Canon sehingga bentuknya pun lebih mungil dibandikan lensa EF. Soal harga pun, lensa EF-S ditawarkan lebih terjangkau.

Lensa EF-M

Berarti Electrofocus Mirrorless. Sebagaimana nama yang disematkan, jenis kamera yang satu ini khusus dipergunakan untuk kamera-kamera mirrorless produksi Canon.

Dimensinya jauh lebih kecil dan ringan bila dibandingkan dengan lensa jenis EF maupun EFS. Lensa ini diproduksi belakangan seiring dengan mulai tingginya peminat kamera tipe mirrorless.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *