Fashion

Merawat Jaket Kulit yang Kadang Salah

Namun, tidak ada salahnya menjadikannya sebagai jaket favorit yang dipakai setiap hari, tapi jika Anda tidak membersihkannya dengan benar, maka kualitasnya akan semakin menurun dan semakin lama akan rusak. Cara membersihkannya sangat berbeda dengan jaket lainnya, sehingga terdapat cara-cara khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut cara membersihkannya yang benar.

1. Noda Tinta Bisa Hilang Dengan Memakai Penghapus Permen Karet

Saat kita menggunakan jaket kulit ke kampus atau kantor, terkadang tinta pulpen mengenai jaket kita, sehingga nodanya membuat permukaan kulit menjadi kotor, apalagi warna kulitnya cukup terang. Anda tidak perlu bingung membersihkannya, karena dengan memakai penghapus permen karet, noda tersebut akan hilang dan bekasnya tidak terlihat.

Penghapus permen karet tidak mudah Anda temui di toko buku, karena hanya ada di toko kerajinan tangan saja. Kalau Anda sudah membelinya, cukup gosokan saja pada noda tinta yang menempel. Dengan begitu, nodanya akan bersih total seperti tidak pernah terkena tinta sama sekali.

2. Pastikan Memilih Produk Pembersih Sesuai Dengan Jenis Jaket Kulit Anda

Tidak seperti jenis-jenis jaket pada umumnya, jaket kulit harus dibersihkan dengan produk pembersih khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Memang untuk mencarinya cukup sulit karena tidak semua toserba menyediakannya, namun Anda bisa menemukannya di toko penjahit jaket kulit. Tapi diingat pula, pilih produk yang sesuai dengan sifat maupun jenis bahan kulitnya.

Banyak yang mengira kalau semua produk pembersih itu sama, padahal berbeda satu sama lainnya. Untuk memastikannya Anda bisa bertanya pada ahlinya atau melihat label yang tersimpan pada jaketnya. Bahan suede atau nubuck adalah bahan yang cukup sulit karena biasanya harus memakai produk khusus untuk kedua jenis tersebut.

3. Alkohol dan Sabun Bersifat Lembut Mampu Membersihkan Jamur

Jika sudah lama tidak terpakai atau cara menyimpannya salah, jaket kulit bisa ditumbuhi jamur yang ditandai dengan munculnya warna putih atau abu-abu. Tapi tenang saja karena cara membasminya sangatlah mudah. Hanya dengan memakai alkohol atau sabun yang memiliki sifat lembut, jamur yang menempel bisa bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *