Mengerti Fungsi Terpenting dari Melakukan Aqiqah Bandung

Bagi orang di Indonesia terutama beragama muslim, melakukan kegiatan berupa Aqiqah adalah hal wajib terutama ketika memiliki seorang anak. Untuk adat ini, biasanya akan dilakukan pada saat hari ketujuh dengan menggunakan prosesi penyembelihan kambing sebagai wujud rasa syukur. Mengenai hal satu ini, memang dibutuhkan Aqiqah Bandung atau sekitarnya dalam membantu menyalurkan bahagia menjadi lebih mudah.

Tradisi satu ini memang sudah lama dilakukan oleh masyarakat di Indonesia dalam menjadi syarat berbagai hal ketika baru mendapat momongan. Lebih mendalam secara adat, melakukan hal satu ini memang bermanfaat untuk mendapatkan berbagai manfaat tradisi bagi orang tua bayi. Penting sekali tentunya agar mengetahui sisi keuntungan melakukan tradisi semacam ini.

Aqiqah

Fungsi Utama Melakukan Aqiqah

Melakukan sebuah proses Aqiqah sendiri merupakan suatu perintah langsung dari beberapa hadits menurut agama muslim. Secara aturan, umumnya bagi anak perempuan akan menggunakan satu ekor kambing atau domba. Namun, bagi anak laki-laki akan menggunakan dua ekor anak kambing sebagai lambang melakukan persembahan. Dalam menjalankan Aqiqah sendiri, memang lebih mengutamakan kemampuan dari setiap orang secara pribadi tentunya.

Namun, perlu diketahui juga mengenai pentingnya melakukan Aqiqah sendiri, dimana sebagai berikut :

1. Mendoakan sang bayi

Normalnya memang prosesi dalam Aqiqah merupakan sujud syukur untuk kelahiran sang buah hati dimana mengharapkan hal terbaik. Baik dari kesehatan maupun berbagai aspek untuk bayi memang diberikan doa secara tanpa henti dengan sisi terbaik. Dengan begitu, maka akan membuat anak bisa diharapkan menjadi lebih sehat dan berbagai hal penting untuk perkembangannya.

2. Membuang kotoran

Sebagai simbolis atau lambang utama ketika melakukan sebuah Aqiqah adalah memotong bagian rambut bayi secara penuh atau bagian tertentu saja. Sebenarnya hal ini berguna sebagai menjalankan filosofi bahwa sudah ada niat dalam menghilangkan berbagai penyakit dan kotoran pada bayi. Oleh karenanya membuat bayi tampak bersih merupakan tujuan paling utama dari menjalankan hal ini.

3. Mendapatkan sisi pahala

Bisa dibilang, prosesi disini juga sebagai tanda mendapatkan pahala karena menjalankan tata cara agama sesuai hadits tertulis. Oleh karenanya, jikalau memang mampu disarankan melakukan Aqiqah untuk memberikan kemudahan bagi bayi dan pahala untuk orang tua. Dengan adanya hal ini juga akan memudahkan berbagai urusan karena sudah menjalankan khaidah agama secara baik.

4. Meningkatkan ibadah pribadi

Sebagai orang tua, pastinya menjalankan prosesi ibadah dengan baik merupakan sebuah hal wajib tersendiri untuk dilakukan. Apalagi, pada saat Aqiqah akan melakukan pembacaan al quran serta yasin dalam proses menyajikan doa agar anak menjadi lebih baik. Mencintai ibadah lebih lagi merupakan sebuah nilai penting agar ibadah lebih sempurna sebagai orang tua. Selain itu, juga meningkatkan cinta kepada sesama agama muslim lebih dalam.

Berikut di atas memang merupakan fungsi utama dimana memang disarankan jika dirasa mampu melakukan Aqiqah secara keikhlasan diri. Terutama untuk membuat nilai ibadah dalam diri terus meningkat, sehingga membuat kehidupan bagi bayi menjadi lebih baik lagi. Bagi orang tua dari bayi sendiri, melakukan Aqiqah juga membuat pengucapan rasa syukur lahirnya bayi menjadi semakin berkesan dan sesuai ajaran agama.

Bila anda tinggal di daerah Bandung dan membutuhkan jasa Aqiqah terpercaya, baik dari sisi layanan dan pengalaman bisa mengunjungi situs dapurAqiqah.net. Berbagai keuntungan bisa dinikmati untuk memudahkan keluarga dalam menyediakan jumlah makanan yang dibutuhkan untuk acara. Selain itu, ada banyak paket diberikan untuk dipilih sebagai penentu jenis makanan apa saja yang dibutuhkan tentunya.

Tags:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *