Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

Bahasa Inggris sejak lama sudah menjadi bahasa internasional. Oleh karena itu, kurikulum pendidikan mewajibkan adanya mata pelajaran bahasa Inggris pada setiap jenjang pendidikan. Tak jarang para orang tua memilih sekolah dengan latar bahasa Inggris sejak dini seperti international primary school. Lalu, mengapa bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa internasional?

Alasan Bahasa Inggris Ditetapkan Sebagai Bahasa Internasional

Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa internasional tentu memiliki beberapa alasan. Mulai dari sejarah hingga kemudahannya untuk dipelajari. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini:

1. Bahasa Tertua

Bahasa Inggris merupakan bahasa tertua yang telah muncul sejak sekitar tahun 8 masehi. Dalam sejarahnya, bahasa Inggris terus mengalami perkembangan hingga menjadi bahasa internasional resmi seperti saat ini.

Bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa lingua franca sejak zaman romawi kuno. Bahasa lingua franca diartikan sebagai bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh semua wilayah.

Awalnya, setiap wilayah di dunia memiliki lingua franca yang berbeda, namun setelah itu disepakati bersama bahwa bahasa lingua franca di seluruh wilayah adalah bahasa Inggris.

2. Dampak Perang Dunia 1

Perang dunia 1 terjadi pada sekitar tahun 1900. Peperangan yang terjadi antara kubu Amerika dan Jerman sangat mempengaruhi pola bahasa dunia.

Dahulu kebanyakan ilmuwan dan orang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi mereka. Namun, karena terjadi peperangan, kubu Amerika memboikot bahasa Jerman.

Pemboikotan bahasa Jerman ini berdampak terhadap tingkat penggunaan bahasa Inggris yang semakin tinggi. Para ilmuwan mulai mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka, karena apabila bahasa Jerman tetap mereka gunakan maka akan ada hukuman yang menimpa.

3. Berasal dari Negara Penjajah

Inggris, sejak zaman dahulu merupakan negara adidaya yang mempengaruhi seluruh dunia. Terlebih lagi, ketika perang dunia 1 terjadi, negara Inggris hampir menduduki setiap bagian dunia. Setidaknya pasti ada lebih dari 3 negara jajahan di setiap benua yang pernah Inggris duduki.

Kondisi ini menyebabkan terpengaruhnya budaya bahasa masyarakat negara jajahan. Masyarakat negara jajahan mau tidak mau harus mempelajari bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari hari mereka.

Karena pemerintah Inggris yang mengambil alih seluruh aktivitas perdagangan, pemerintahan hingga pekerjaan di negara tersebut.

4. Mudah Dipahami

Bahasa Inggris termasuk salah satu bahasa yang mudah bagi sebagian besar orang pahami. Karena kosakata bahasa Inggris yang tergolong mudah dan tidak banyak, serta pelafalan yang mudah untuk Anda ucapkan.

Bahasa Inggris juga memiliki susunan bahasa atau grammar yang mudah untuk orang-orang pahami, tidak seperti kebanyakan bahasa dari negara lain.

Dalam bahasa Inggris, kita tidak mengenal istilah hirarki bahasa. Bahasa untuk orang yang lebih tua, lebih muda, dan sebaya semuanya sama. Berbeda dengan kebanyakan bahasa seperti Korea, Jepang, hingga Indonesia yang menjunjung tinggi hirarki bahasa. Sehingga membuatnya mudah Anda pelajari.

Sudahkah Pahamkah Anda Alasan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional?

Itulah tadi beberapa alasan mengapa bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Apakah Anda tertarik untuk mengajarkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak? Mendaftarkannya ke sekolah berbasis bahasa Inggris adalah salah satu solusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.