20 Mei 2024

Sudah capek menunggu proses download lagu tapi ternyata tidak bisa diputar di HP Android, padahal notifikasi yang muncul adalah unduhan selesai. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Ada beberapa penyebabnya lho yang mungkin tidak disadari sebelum melakukan pengunduhan.

Kalau sudah terlanjur terjadi, maka Anda harus menemukan solusi yang tepat supaya lagu yang sudah diunduh tersebut bisa didengarkan pada HP Android. Berikut ini penjelasan lengkapnya, hanya untuk Anda.

Alasan Download Lagu Tidak Bisa Diputar

Beberapa alasan paling banyak terjadi pada pengguna HP Android, ketika lagu unduhan mereka tidak bisa didengar setelah diunduh. Mulai dari masalah format lagu hingga koneksi internet.

Format tidak Sesuai

Bisa jadi format lagu yang tersedia tidak diakomodir oleh sistem pada ponsel, sehingga meskipun sudah diunduh sempurna namun ternyata tidak bisa diputar.

Beda versi Android, maka sistem pemutar musik bawaan atau aplikasi penyimpanan musik yang tersedia memiliki karakternya sendiri. Ada yang hanya bisa mengakomodir format MP3, MP4 namun ada juga yang punya pilihan format lainnya.

Kapasitas File Terlalu Besar

Ketika kapasitas file musik atau lagu yang diunduh terlalu besar, sementara memori penyimpanan di ponsel pas-pasan maka akan berdampak pada buffering yang terjadi saat ingin mendengarkan musik tersebut.

Apalagi jika Anda memaksakan download lagu dengan ukuran besar pada HP dengan kapasitas terbatas. Bukan hanya lagu tersebut yang tidak bisa didengar, aplikasi lain dan sistem ponsel akan menjadi lambat saat melakukan fungsinya.

Koneksi Terputus

Ketika koneksi internet tidak stabil, namun proses pengunduhan tetap selesai. Namun tentunya data file yang tersimpan tidak maksimal, sehingga ketika lagu akan didengar ternyata error dan tidak terbaca oleh sistem perangkat Android.

Virus

Jika Anda mengunduh lagu melalui aplikasi abal-abal dengan link yang terdapat di situs tertentu, bisa saja mengandung malware yang menyusup. Sehingga file yang diunduh menjadi error karena virus tersebut.

Alhasil ketika sudah tersimpan akan menjadi file lagu yang tidak bisa dibaca. Justru ketika membuka file tersebut bisa saja virus akan dengan leluasa merusak sistem perangkat, bahkan mencuri data-data penting yang ada di dalam perangkat tersebut.

Solusi Agar Lagu hasil Download Dapat Didengar di HP Android

Ketika Anda mengalami masalah download lagu seperti salah satu di atas, banyak solusi yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah:

Cek Memori Penyimpanan

Coba cek kembali memori penyimpanan pada ponsel Android tersebut, apakah memang sudah sangat terbatas sehingga lagu yang sudah diunduh tidak bisa dibuka. Caranya dengan membuka menu pengaturan lalu cek memori penyimpanan melalui menu yang tersedia.

Setelah itu, tinggal menghapus data-data yang tidak dibutuhkan pada perangkat Android sehingga hasil unduhan dapat dibuka.

Bersihkan Cache Ponsel dan Aplikasi

Coba cek cache pada ponsel Anda, bisa melalui menu manajemen aplikasi. Lalu hapus semua cache dari setiap aplikasi yang sudah ada di ponsel tersebut. Paling tidak, bisa menambah memori penyimpanan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Update Sistem

Secara berkala sistem Android akan mengalami update, ketika Anda memilih update otomatis maka tidak perlu khawatir karena bisa dipastikan sistem yang digunakan saat ini adalah yang terbaru.

Tapi, kalah memilih versi update manual artinya Anda perlu mengecek notifikasi update sistem dan memilih versi sistem terbaru.

Reboot Ponsel Bila Diperlukan

Jika beberapa solusi di atas tetap tidak mempan, maka langkah pamungkas adalah dengan melakukan reebot perangkat atau restart terlebih dahulu.

Semoga informasi seputar download lagu di atas membantu Anda untuk bisa menemukan solusi dari masalah lagu unduhan yang tidak bisa dibuka. Kalau mau mencari lagu yang pasti bisa didengar langsung pada perangkat, silahkan kunjungi situs lagu.dj. Dijamin puas dengan hasil unduhannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *