Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan IMEI [TERBUKTI]

Hp yang Hilang

Cara untuk melacak hp yang hilang adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Cara ini bukanlah cara yang termudah, namun cara ini merupakan cara terbaik. Masing-masing hp memiliki nomor IMEI yang berbeda dan tidak dapat dirubah. Karena itu meski ini bukan cara yang mudah, namun ini merupakan cara yang terbaik dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Hp yang Hilang

Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan IMEI

Berikut ini cara melacaknya :

1. Letak nomor IMEI

Nomor IMEI terdapat pada badan hp dibagian dalam dengan ciri terdapat 15 digit angka. Harapannya kita sudah memiliki nomor IMEI tersebut sehingga dapat digunakan untuk melacak keberadaan hp yang hilang.

2. Siapkan surat dari kepolisian

Karena ini merupakan data pribadi, sehingga dalam mengurus pencarian menggunakan IMEI pun wajib dilengkapi surat kehilangan dari kepolisian. Memang agak sedikit ribet dan memakan banyak waktu, namun cara ini merupakan cara terbaik yang dapat kita lakukan.

3. Hubungi call centre

Setelah kita memiliki nomor IMEI dan surat keterangan dari kepolisian, langkah selanjutnya adalah dengan menghubungi call centre. Jika sudah terhubung dengan call centre, sampaikan nomor IMEI yang kita miliki beserta surat kehilangan dari Kepolisian agar pihak call centre berkenan untuk melacaknya.

Kekurangan Melacak Hp Hilang Dengan Email

Melacak hp yang hilang tentu sangat sulit, meski dengan menggunakan email yang terhubung sekalipun dengan hp yang hilang. Berikut ini kekurangan melacak menggunakan alamat email :

1. Jika hp hilang dan sudah diganti alamat emailnya, maka kita akan kesulitan dalam mencari hp tersebut.

2. Tidak terdapat signal pada hp yang hilang, hal ini tentu membuat hp tidak dapat terlacak. Setidaknya kita perlu meluangkan banyak waktu agar pencarian kita tepat dengan waktu hp hilang tersebut aktif.

3. Hp sudah di reset kembali ke setelan pabrik, hal ini dapat membuat hp sulit untuk dilacak.

4. Hp sudah berpindah dari lokasi terakhir email aktif. Hal ini dapat membuat lokasi pencarian tidak akurat, karena itu perlu keputusan pencarian yang sangat cepat.

Kekurangan Melacak Hp Hilang dengan IMEI

Melacak hp dengan menggunakan IMEI merupakan cara terbaik, namun ternyata tetap ada kekurangannya juga. Berikut kekurangan melacak hp yang telah hilang dengan nomor IMEI :

1. Data akan mudah tersebar

Di era digital seperti sekarang ini, data pribadi yang kita miliki sangat penting. Karena itu kita perlu untuk berhati-hati saat menyimpan data di hp. Data yang kita simpan di hp dapat kembali dilihat karena kita memiliki rekam jejak digital.

Cara untuk mendapatkan data tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan nomor IMEI yang ada di hp. Karena itu jika hp hilang, jangan membabi buta dalam proses pencarian. Datanglah ke kantor polisi terlebih dahulu kemudian baru menghubungi call centre dari developer SIM Card. Fungsi dari lapor ke pihak berwajib agar pencarian kita lebih terarah dan aman.

2. Resiko terkena phising

Phising sekarang sedang marak terjadi dan phising merupakan salah satu tindak kejahatan karena termasuk tindakan pencurian data dengan cara menipu. Maksudnya adalah ada berbagai cara untuk mendapatkan data pribadi, salah satunya adalah dengan nomor IMEI yang ada di hp.

Dengan menggunakan nomor IMEI tersebut segala data dan aktifitas di hp yang hilang tersebut dapat dilihat dan disimpan. Karena itu resiko phising sangat marak terjadi. Selain dari IMEI, phising juga dapat dilakukan melalu telephone. Terkadang call centre yang kita hubungi bukan merupakan call centre terpercaya.

3. Rawan data dijual

Data dapat dengan mudah dijual, karena data merupakan informasi yang sangat penting baik untuk promosi, marketing atau hal lainnya seperti pembobolan dan pencurian digital. Karena itu kita harus berhati-hati terutama saat akan memberikan informasi kepada orang yang tidak kita kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.