Cara Klaim Asuransi Mobil 2021 Dijamin Ampuh

Meski kesadaran pemilik mobil untuk memiliki asuransi semakin meningkat tapi sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan klaim. Padahal, jika tidak melakukan klaim dengan benar maka Anda bisa tidak mendapat ganti rugi dari pihak asuransi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk klaim asuransi mobil 2021 terbaru.

Bagaimana Cara Mengajukan Klaim?

Agar bisa mengajukan klaim asuransi maka Anda membutuhkan berbagai dokumen pendukungnya. Sayangnya persyaratannya cukup banyak sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat klaim asuransi mobil.

1. Melaporkan kerusakan mobil secepatnya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melaporkan kerusakan mobil. Anda bisa menggunakan telepon atau aplikasi klaim milik perusahaan asuransi tersebut. Namun, perlu diingat jika untuk mengajukan klaim juga dibutuhkan foto sehingga ketika mobil Anda mengalami kerusakan segera foto kerusakan tersebut dan melaporkannya minimal dalam waktu 5×24 jam setelah kejadian.

Penentuan batas waktu tersebut bisa berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan. Setelah melapor maka pihak asuransi akan melakukan survei untuk menghitung besar kerusakan dan biaya yang harus ditanggung. Oleh sebab itu, sebelum mengambil asuransi sangat dianjurkan untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak ada kesalahan.

2. Libatkan pihak kepolisian

Ketika mobil Anda mengalami kerusakan atau dicuri maka Anda perlu melibatkan pihak kepolisian sesegera mungkin. Apalagi bagi Anda yang memegang polis asuransi All Risk. Anda membutuhkan berbagai surat dan laporan kecelakaan yang lebih banyak dari pihak kepolisian agar klaim asuransi mobil bisa diterima dan cepat dicairkan.

3. Persiapkan dokumen secara lengkap

Anda harus menyediakan berbagai berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Adapun dokumen tersebut adalah dokumen polis, SIM, STNK, BPKB mobil, KTP Anda, Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor (LKKB), laporan kerugian, laporan kronologi kecelakaan, surat kehilangan kendaraan (jika mobil hilang atau dicuri), dan surat tuntutan pihak ketiga jika kecelakaan tersebut melibatkan pihak lain.

4. Pastikan polis masih berlaku

Agar bisa melakukan klaim maka pastikan jika Anda selalu memperbaharui polis agar tetap aktif. Jika masa berlaku polis sudah lewat maka klaim Anda tidak akan diterima atau bahkan bisa langsung ditolak. Untuk mengetahui masa aktif polis asuransi kendaraan Anda bisa menghubungi agen asuransi atau call center perusahaan asuransi tersebut.

Namun, jika polis Anda masih dalam masa tunggu maka ada kemungkinan klaim Anda akan diterima namun membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk proses pencairan. Hal ini dikarenakan setidaknya butuh waktu 3 hari kerja bagi polis asuransi kendaraan untuk aktif setelah ditandatangani.

Seperti yang diketahui jika ada asuransi All Risk dan TLO. Perlu diketahui juga jika cara pelaporan antara pemegang polis All Risk dan TLO berbeda. Pemegang asuransi All Risk biasanya membutuhkan dokumen yang lebih lengkap dibandingkan dengan pemegang asuransi TLO.

Selain memiliki asuransi untuk mobil, Anda juga sangat disarankan untuk memiliki asuransi untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan asuransi tersebut bisa memberikan proteksi bagi keselamatan Anda jika terjadi kecelakaan yang membuat Anda membutuhkan perawatan medis dalam waktu yang lama.

Dengan adanya asuransi kesehatan maka biaya berobat akan ditanggung asuransi sehingga akan sangat membantu finansial Anda. Karena saat ini banyak perusahaan yang menawarkan berbagai asuransi maka ada baiknya jika Anda memilih asuransi terbaik melalui Lifepal.co.id. Sebab, situs ini diketahui merupakan platform terbaik untuk mencari berbagai produk asuransi di tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.