20 Mei 2024

Internet Service Provider merupakan sebuah perusahaan yang melayani layanan internet untuk digunakan oleh masyarakat. Internet adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang harus terpenuhi apalagi di zaman serba teknologi ini.

Zaman yang serba canggih ini menuntut semua orang untuk melek teknologi agar bisa beradaptasi dan tetap mengerjakan kegiatan rutinitasnya. Itulah mengapa telah disediakan layanan internet bersama ISP yang biasanya tersedia dalam bentuk paket.

Bagaimana Cara ISP Bekerja?

Pembahasan pertama adalah mengenai bagaimana cara ISP bekerja. Tentu hal inilah yang membuat Anda bisa mengakses internet dengan kemudahan. Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut:

Menunggu Permintaan Akses Internet

Cara kerja yang pertama adalah ketika Anda sudah membeli paket layanan untuk akses internet, tinggal menunggu pengguna jasa memberikan aksesnya. Jadi ketika internet diaktifkan maka harus mengirim permintaan akses terlebih dahulu. Baru setelah diaktifkan lanjut ke tahapan yang kedua.

Melakukan Roating

Tahapan yang terakhir adalah jaringan akan melakukan roating terlebih dahulu ke beberapa jaringan. Jaringan yang dihubungkan adalah milik perangkat Anda. Perangkat tersebut harus yang akan digunakan untuk mengakses internet.

Adapun perangkat yang dimaksud adalah bisa smartphone atau laptop. Baru setelah proses routing selesai Anda bisa langsung menggunakan akses internet sepuasnya untuk mengerjakan sesuatu sesuai dengan kebutuhan.

Apa Peran ISP?

Berikutnya adalah apa saja peran dari Internet Service Provider yang sering digunakan untuk mengakses layanan internet? Peran yang pertama adalah ISP dijadikan sebagai sebuah media untuk memberikan jasa internet kepada yang membutuhkan.

Peran yang kedua adalah memudahkan pelanggan yang ingin menghubungkan ke gateawt terdekat lalu peran ketiga adalah sebagai wadah penyedia modem dial up. Adapun untuk peran yang berikutnya adalah memudahkan pengguna dalam menggunakan internet agar bisa mengakses surat elektronik.

Peran selanjutnya adalah yang tidak kalah penting adalah melindungi jaringan pengguna agar tidak terkena virus. Jadi ketika muncul virus, ISP akan langsung mengamankannya agar pelanggan bisa nyaman menggunakan internet.

Mengenal Fungsi dari ISP

Tidak hanya memiliki peran dalam jaringan internet saja, ISP juga dibutuhkan karena memiliki beberapa fungsi. Fungsi pertama adalah sebagai pemberi tempat bagi homepage, menawarkan kepada pelanggan jika ingin menggunakan layanan internet dengan harga murah dan akses cepat.

Karena proses untuk mendapatkannya tidak sulit, maka ketika Anda menghubungi pihak layanan jasa internet maka perusahaan akan langsung menghubungkannya. Semua hal yang berkaitan dengan internet akan diurus oleh perusahaan penyedia layanan.

Fungsi berikutnya adalah penghubung jaringan internet pengguna agar bisa melakukan akses ke World Wide Web atau WWW. Anda juga bisa bercakap-cakap melalui internet dengan mudah berkat layanan dari ISP ini.

Itulah cara kerja dari ISP dan peran serta fungsinya. Ternyata ISP memiliki peran yang sangat penting agar pengguna bisa dengan mudah melakukan akses internet. Jadi kini Anda bisa mengakses apapun seperti email dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *