3 Tujuan Asuransi yang Dapat Menguntungkan Anda!

Asuransi kesehatan memang menjadi hal paling penting yang rasanya wajib Anda buat pada zaman yang sudah canggih sekarang. Selain menguntungkan, Anda juga akan mendapat jaminan dalam hidup. Tentunya, dengan tujuan asuransi yang ingin mempermudah anda, sudah ada asuransi kesehatan online yang dapat Anda pilih.

Pengertian Asuransi

Pada dasarnya, asuransi adalah bentuk dari perlindungan terhadap resiko-resiko yang mungkin terjadi dalam hidup penerimanya. Baik itu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi materi maupun asuransi jiwa. Tentunya mempunyai asuransi dapat menjadi satu hal yang baik yang dapat menghindari Anda dari kemungkinan pengeluaran biaya di masa depan.

Nah, perusahaan asuransi yang Anda pilih untuk ini nantinya akan ikut bertanggung jawab untuk mengganti hal-hal yang hilang maupun rusak yang ada dalam hidup seseorang. Baik itu dari rusaknya suatu barang, atau hilangnya nyawa seseorang.

Tujuan Asuransi

Walaupun asuransi memiliki banyak sekali jenis yang dapat mereka tanggung dapat Anda ikuti, namun ada 3 tujuan asuransi secara umum, yaitu :

1. Pengalihan Resiko

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi ini memiliki tujuan utama sebagai pengalihan resiko. Contohnya, ketika Anda mengalami atau menyadari adanya suatu bahaya yang mengancam harta benda atau jiwa seseorang, asuransi akan menjadi perlindungan untuk anda.

Setiap hari Anda pasti akan berhadapan dengan resiko-resiko. Baik itu secara materi, atau resiko hilangnya nyawa yang bisa terjadi kapan saja. Tentunya, jika hal yang tidak Anda inginkan tersebut terjadi, perlu uang untuk menanggung beban tersebut.

Maka dari itu, asuransi akan membantu meringankan beban tersebut dengan memberikan uang kepada Anda sesuai dengan jumlah yang telah Anda sepakati dari awal.

2. Ganti Rugi

Tujuan asuransi yang utama kedua adalah sebagai ganti rugi. Seperti sebelumnya, ketika Anda mengalami suatu musibah. Seperti contohnya, rumah Anda kebakaran, mobil Anda rusak, ataupun musibah yang berkaitan dengan hilangnya nyawa, pihak asuransi akan mengganti rugi hal tersebut.

Tentunya ganti rugi yang akan pihak asuransi tanggung bisa saja bersifat sebagian, ataupun keseluruhan.

3. Pembayar Santunan

Ketika Anda sedang berduka, pihak asuransi akan memberikan santunan terhadap Anda sebagai bentuk perlindungan finansial yang mereka setujui. Biasanya hal ini terjadi jika seseorang yang meninggal tersebut merupakan kepala keluarga atau pencari nafkah.

Ganti rugi yang asuransi berikan ini juga hanya mereka beri terhadap ahli waris yang sah yang sudah diakui oleh seseorang yang telah meninggal tersebut.

Itulah 3 tujuan asuransi yang dapat Anda ketahui dan renungkan. Membuat sebuah asuransi untuk dirimu dan hartamu adalah suatu hal yang normal yang pada dasarnya wajib terjadi pada lingkungan masyarakat. Selain dari tujuan diatas, memiliki asuransi akan membuat Anda tenang karena memiliki jaminan dalam hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.