20 Mei 2024

Banyaknya pekerjaan yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone seringkali bisa menjadikan smartphone mengalami kendala ketika digunakan. pengguna smartphone biasa menyebut hal ini dengan sebutan lemot. Keadaan ini dikarenakan kurang baiknya manajemen aplikasi di smartphone tersebut.

Banyaknya aplikasi yang digunakan dan sedikitnya spesifikasi smartphone untuk melakukan tugasnya menjadi salah satu penyebab mengapa smartphone menjadi lemot. Bila hal tersebut sudah terjadi, ada baiknya bagi anda untuk melakukan berbagai macam hal yang disebutkan di bawah ini.

1. Hitung jumlah aplikasi yang kamu punya di smartphone

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, banyaknya aplikasi di smartphone bisa membuatnya lemot. Maka dari itu, kamu haru melihat berapa banyak aplikasi yang ada di smartphone. Kamu harus memerhatikan aplikasi apa saja yang sangat sering kamu gunakan dan aplikasi apa saja yang tidak sering kamu gunakan.

Selain itu, kamu juga perlu melihat aplikasi bawaan smartphone yang tidak bisa dihapus atau dihilangkan. Bila aplikasi bawaan di smartphone sudah memenuhi kebutuhanmu, jangan instal aplikasi lain yang sejenis. Hal tersebut tentu saja akan sangat memenuhi ruang penyimpanan yang ada di smartphonemu.

Selain itu, perhatikan aplikasi chatting yang ada. Chat yang kamu lakukan dengan orang lain akan tetap tersimpan dan tidak terhapus secara otomatis. Bila smartphonemu mulai lemot, ada baiknya untuk menyortir chat yang ada. bila isi chat tidak penting dan bisa dibuang, segera hapus chat tersebut agar tidak memenuhi ruang penyimpanan yang ada.

2. Lihat ukuran RAM

RAM adalah salah satu komponen dalam smartphone yang digunakan untuk menjalankan aplikasi sementara. Namun, hal yang sangat biasa terjadi dan dilakukan oleh pengguna smartphone adalah tidak menutup aplikasi yang telah digunakan dengan benar.

Biasanya pengguna langsung menekan tombol home untuk keluar dari aplikasi tersebut. Padahal hal itu tidak baik bila dilakukan secara terus-menerus. Meskipun kamu menutup aplikasi, tapi aplikasi tersebut tetap berjalan.

Cara untuk menghilangkan aplikasi yang sudah tidak digunakan dan masih berjalan adalah dengan menuju ke pengaturan. Di sana kamu bisa mengarahkan smartphone ke aplikasi yang sedang berjalan. bila kamu sudah mengetahui aplikasi apa saja, jangan ragu untuk menekan tombol force close. Tombol ini akan menutup aplikasi yang tidak lagi kamu butuhkan, tapi masih berjalan. dengan melakukan cara ini, RAM yang ada di smartphonemu akan kembali lega dan ruang lebih untuk melakukan aktivitas lain yang sedang kamu butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *