20 Mei 2024

Canon merupakan sebuah perusahaan optik asal Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1933. Kamera produksi pabrikan asal negeri matahari terbit ini telah dipasarkan ke seluruh penjuru dunia.

Berkat kualitas produk yang ditawarkan, kamera-kamera produksi Canon telah menjadi pilihan utama banyak penikmat fotografi dunia.

Salah satu bagian terpenting dari kamera adalah lensa yang bertugas untuk mengumpulkan cahaya. Semakin banyak yang terkumpul, maka tingkat kecerahan dalam gambar akan semakin bagus.

Lensa sendiri terbagi menjadi beberapa macam, namun yang paling penting adalah lensa fix atau primer yang biasa disertakan dalam paket penjualan.

Mengenal Lensa Fix

Lensa fix merupakan jenis lensa yang tetap atau fokalnya tidak dapat diubah-ubah oleh penggunanya. Lensa ini disebut juga dengan lensa primer karena disertakan langsung dengan paket penjualan kamera.

Secara umum, gambar yang dibidik melalui lensa ini sudah bagus dengan kualitas jepretan yang tajam. Jenis lensa ini juga paling banyak digunakan oleh para fotografer dikarenakan tingkat penerimaan cahayanya termasuk paling stabil di antara jenis lensa lain.

Hal itu dikarenakan pengaturan yang tidak dapat diubah-ubah sehingga cahaya yang terkumpul secara maksimal dan tidak melalui lapisan-lapisan lain sebagaimana pada lensa jenis lain.

Selain dibutuhkan untuk menghasilkan hasil bidikan yang terang dan tajam, cahaya juga dibutuhkan untuk memastikan tingkat akurasi gambar yang terproyeksikan kepada mata sang fotografer.

Dengan begitu, hasil foto pun tidak akan melenceng terlalu jauh dari bayangan si pemotret. Terutama bila digunakan untuk pekerjaan komersil yang menyangkut kepuasan konsumen.

Meski pengaturan tidak dapat diubah-ubah yang menjadi kelemahan dari lensa fix tersebut, namun hal itu juga menjadi kelebihannya di mana dimensi lensa menjadi lebih ringan dengan ukuran yang ringkas.

Hal itu tentu cukup memudahkan bila dibawa untuk bepergian maupun berpindah lokasi memotret secara berturut-turut dalam satu waktu.

Tips Membeli Lensa

Sebelum membeli lensa untuk dipasangkan kepada kamera Canon milik Anda, hal-hal yang perlu untuk Anda perhatikan antara lain :

Harga. Baik memilih untuk membeli lensa di took konvensional maupun secara online, Anda harus mengetahui dulu harga rata-rata produk tersebut.

Hal ini untuk menghindari Anda tertipu ketika berbelanja dan membayarkan harga lebih mahal dari yang seharusnya.

Kecocokan lensa dengan kamera. Pastikan terlebih dahulu pula macam-macam lensa yang dapat dipasangkan dengan kamera Anda. Jangan sampai asal membeli lensa hanya karena tergiur dengan kecanggihannya, namun ternyata tidak sesuai dengan tipe kamera Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *