20 Mei 2024
Mengenal Deep Learning Si Teknologi Canggih

Deep learning merupakan suatu ilmu yang wajib dipahami, terlebih bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia application development. Di dunia digital seperti saat ini, perkembangan aplikasi tak lepas dari teknologi dan sistem terpadu dimana salah satunya menerapkan pembelajaran mendalam dengan AI atau kecerdasan buatan.

Sub-bidang dari machine learning ini disebut berperan peting dalam perkembangan teknologi modern serta dapat menunjang aktivitas manusia. Untuk pengertian selengkapnya, mari simak informasinya di bawah ini!

Pengertian Deep Learning

Mengenal Deep Learning Si Teknologi Canggih

Pengertian deep learning merupakan salah satu bidang machine learning berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), bekerja dengan mempelajari situasi dengan pemrograman atau pembelajaran tertentu. Sehingga pembelajaran mendalam ini adalah suatu teknik dalam pembelajaran mesin, dimana dapat memandu sistem komputer agar nantinya bisa beroperasi layaknya manusia secara natural.

Pembelajaran mendalam dapat bekerja layaknya manusia secara normal karena memiliki algoritma yang terinspirasi dari struktur otak manusia. Sehingga tak heran jika teknik modern ini dapat mempelajari data rumit sekali pun. Namun perbedaannya dengan otak manusia adalah memiliki durasi lebih cepat dalam hal pemrosesan data.

Dalam teknik ini, komputer dapat mempelajari beragam model serta mengklasifikasikan tugas melalui data yang telah dikumpulkan. Data tersebut dapat berupa teks, gambar hingga suara, dengan tingkat akurasi lebih tinggi terlebih ketika mengolah data dalam jumlah besar.

Penerapan Deep Learning

Penerapan dari pembelajaran mendalam dapat ditemukan dalam beragam produk yang digunakan di kehidupan sehari-hari, sebut saja produk Google Workspace. Selain itu terdapat penerapan lain, diantaranya:

Identifikasi Suara

Teknologi canggih ini bisa diterapkan dalam identifikasi suara, meskipun setiap manusia memiliki nada, pola bicara, aksen, bahasa, hingga tinggi rendah suara berbeda satu sama lain. Produk yang kerap ditemukan sehari-hari mulai dari Alexa di Amazon, Siri untuk iPhone, hingga Google Assistant pada Android.

Introduksi Visual

Berbicara bagaimana penerapan teknologi deep learning untuk introduksi visual, yaitu berhubungan dengan kemampuan sebuah komputer untuk memahami informasi melewati gambar. Sehingga teknik ini dapat bertindak layaknya sedang berpikir dengan otaknya seperti manusia pada umumnya, contohnya mampu mendeteksi wajah serta mengenali apa saja atribut yang digunakan oleh orang tersebut.

Pendeteksi Pola Tidak Teratur

Selain itu penerapan teknologi ini juga bisa ditemukan pada proses pendeteksian pola tidak teratur atau pendeteksi anomali, dimana kerap digunakan dalam transaksi keuangan, memperketat keamanan informasi, hingga layanan kesehatan.

Dapat disimpulkan jika deep learning adalah salah satu bidang machine learning berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dimana bisa bekerja dengan cara meniru otak manusia sehingga memiliki tingkat efektivitas tinggi. Fungsinya cukup beragam, mulai dari menghilangkan kebutuhan data labeling hingga dapat memberikan hasil berkualitas tinggi.

Lantas apa perbedaannya dengan machine learning? Perbedaannya terletak pada pemrosesan datanya, karena algoritma dari pembelajaran mesin menggunakan data terstruktur serta berlabel agar bisa menentukan prediksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *