24 Februari 2024

Di era digital, penggunaan sertifikat elektronik kerap ditemukan di mana-mana, sebut saja penyelenggaraan transaksi elektronik baik dalam lingkup privat atau pun publik. Bahkan dalam lingkup bank, sertifikat ini juga diperlukan untuk kebutuhan pengesahan dokumen pembukaan rekening hingga layanan perbankan lain.

Dokumen elektronik ini dapat memberikan jaminan otentikasi data, mengingat di dalamnya mengandung informasi terkait siapa pemilik dari sertifikat tersebut. Selain itu terdapat beragam manfaat lain dari dokumen digital ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Sertifikat Elektronik

Adalah tanda tangan elektronik dan juga identitas dimana dapat menunjukkan status subjek hukum dari pihak yang tercantum dalam Transaksi Elektronik. Ketika pengguna membubuhkan tanda tangan elektronik baik berupa tulisan atau QR code, maka sertifikat akan langsung merekam signature serta beragam informasi lain yang menyertainya sebut saja identitas, waktu, dan lain-lain.

Tanpa dokumen digital ini, maka nantinya digital signature akan masuk ke dalam Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi sehingga tidak memiliki kekuatan hukum tinggi. Selain itu dokumen ini juga digunakan sebagai otentitikasi hingga validasi dari para pihak yang namanya tercantum di dalamnya.

Daftar Sertifikat Elektronik

Agar bisa memiliki dokumen ini cara daftar sertifikat elektronik cukup mudah. Pengguna hanya perlu mendaftarkan diri pada Registration Authority contohnya lembaga pemerintahan atau bank, dimana nantinya akan dipandu oleh petugas. Selanjutnya Registration Authority akan melakukan kerjasama dengan Certificate Authority guna menerbitkan dokumen tersebut.

Manfaat atau Keuntungannya

Terdapat beberapa manfaat atau keuntungan dari dokumen digital yang satu ini, diantaranya :

Verifikasi Identitas

Kemudahan berbelanja online membuat peminat atau pembeli e-commerce meningkat drastis dari tahun ke tahun, mengingat kepraktisannya dibandingkan dengan berbelanja konvensional. Meskipun begitu terdapat kelemahan dari berbelanja online, yaitu rentan terjadi penipuan.

Salah satu solusi guna meminimalisir penipuan di dunia maya adalah dengan verifikasi identitas elektronik. Umumnya proses verifikasi dilakukan melalui alamat surel, nomor ponsel, KTP, hingga face recognition.

Menjamin Validitas Informasi

Enkripsi dalam dokumen digital ini dapat menjamin validitas informasi yang terkandung di dalamnya. Pasalnya ketika terjadi perubahan sekecil apa pun pada dokumen setelah ditandatangani, dapat terdeteksi atau diketahui.

Mempercepat Transaksi Perbankan

Berkat tanda tangan digital bersertifikat elektronik, para nasabah tak perlu repot melakukan proses verifikasi identitas berulang kali. Pasalnya Certificate Authority hanya mengeluarkan sertifikat khusus bagi penduduk yang identitasnya pernah diverifikasi.

Dapat disimpulkan jika sertifikat elektronik aman karena dapat menjamin keaslian dokumen, mengingat seluruh perubahan yang terjadi di dalamnya bisa dipantau. Sehingga isinya pun tidak akan bisa dimanipulasi tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pihak lain.

Selain itu sertifikat ini berisi identitas dari para pihak, sehingga dapat membantu mengidentifikasi serta melacak pihak yang bersangkutan dan tercantum di dalamnya. Dengan begitu Anda tak perlu merasa khawatir karena pihak yang disebutkan tersebut benar-benar asli. Untuk solusi berbagai keamanan bisnis digital perusahaan, percayakan pada Verihubs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *