24 Februari 2024

Jurusan akuntansi di universitas atau perguruan tinggi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati saat ini di Indonesia. Apakah anda tertarik untuk mengambil jurusan ini di universitas?

Tapi sebenarnya apa yang akan dipelajari dalam jurusan yang satu ini? Untuk mendapatkan gambaran dari jurusan akuntansi seperti tentang mata kuliah pada jurusan di akuntansi maka silakan untuk simak ulasan berikut ini.

Mata Pelajaran di Jurusan Akuntansi

Akuntansi adalah sebuah disiplin ilmu yang melakukan proses pengukuran, penjabaran, pemberian informasi yang mana hal tersebut dapat membantu manajer, investor, lalu otoritas pajak, dan pihak yang membuat keputusan lain dalam membuat alokasi sumber daya keputusan di perusahaan.

Lantas apa saja mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan akuntansi? Seperti dari pengertiannya, secara garis besar jurusan ini akan mempelajari seputar cara pencatatan berkaitan laporan keuangan, menganalisis, dan juga memberikan penilaian terhadap informasi keuangan.

Nah, pada umumnya ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan akuntansi, berikut ini adalah beberapa mata kuliah dalam jurusan di akuntansi yang akan dipelajari.

1. Pengantar Akuntansi

Yang pertama akan dipelajari dan paling awal akan diberikan kepada mahasiswa akuntansi adalah mata kuliah pengantar akuntansi. Mata kuliah ini akan memberikan pelajaran seputar pengumpulan, menganalisis, mencetak, dan melakukan penyusunan laporan keuangan termasuk penafsirannya.

2. Akuntansi Sektor Publik

Mata kuliah selanjutnya yang biasanya diajarkan di jurusan ini adalah mata kuliah Akuntansi Sektor Publik. Untuk mata kuliah ini biasanya mahasiswa akan mengumpulkan, mencatat data, melakukan klasifikasi, kemudian melakukan analisis, dan juga membuat laporan keuangan untuk organisasi publik.

3. Akuntansi Biaya

Untuk mata kuliah yang ini adalah akuntansi yang mengkhususkan pekerjaan dalam proses yang berkaitan dengan pencetakan, penggolongan, lalu meringka, dan menyajikan biaya-biaya seputar pembuatan penjualan produk untuk diikuti dengan tafsirannya.

4. Akuntansi Anggaran

Akuntansi Anggaran pun masuk dalam mata kuliah yang biasanya diberikan kepada mahasiswa jurusan akuntansi. Nah, mata kuliah ini ditunjukkan untuk dapat menggunakan data akuntansi yang nantinya digunakan sebagai dasar persiapan rencana keuangan atau anggaran pada periode yang akan datang.

5. Sistem Informasi Akuntansi

Mata kuliah ini adalah pengajaran tentang penempatan pada pola pencatatan dan laporan akuntansi, serta mempelajari tentang pengembangan prosedur untuk mengumpulkan data, pencatatan dan juga penyusunan data-data akuntansi.

6. Perpajakan

Jurusan akuntansi juga memiliki mata kuliah perpajakan. Untuk mata kuliah ini adalah akan mempelajari tentang menghitung pembayaran pajak penghasilan yang wajib dibayarkan.

7. Pengauditan

Selanjutnya adalah mata kuliah pengauditan yang akan mempelajari seputar pemeriksaan akuntansi dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Itulah beberapa mata kuliah jurusan akuntansi yang biasanya akan diberikan kepada mahasiswa jurusan akuntansi di universitas atau perguruan tinggi. Jadi bagaimana apakah tertarik untuk masuk jurusan yang satu ini?

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika peminat jurusan ini termasuk banyak, hal ini lantaran untuk prospek kerjanya memang luas. Ada banyak pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang akuntansi.

Berbagai profesi yang bisa dipilih dari lulusan jurusan ini antara lain adalah akuntan publik, akuntan internal, auditor di kantor akuntan, konsultan pemula, dan masih banyak lagi. Dengan banyak profesi yang dapat dipilih maka tentunya tak heran jika banyak yang memilih jurusan ini.

Untuk anda yang memang tertarik untuk masuk jurusan akuntansi maka bisa mendapatkan berbagai informasi seputar akuntansi di GuruAkuntansi.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *