20 Mei 2024

CCTV (Closed Circuit Television) mungkin sudah nggak asing lagi bagi kamu. Di banyak rumah dan  hampir di setiap gedung terdapat alat yang satu ini. CCTV dapat diartikan juga sebagai televisi sirkuit tertutup. Alat ini berfungsi untuk mencegah tindak kejahatan atau kriminalitas. Selain itu, bisa menjadi bukti jika terdapat kejadian kriminal. Pastikan memilih sistem CCTV gedung yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Memasang CCTV sebaiknya tidak dilakukan sembarangan tanpa mempertimbangkan berbagai aspek. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan saat memasang CCTV.

Pilihlah jenis CCTV yang tepat

Di pasaran ada banyak sekali jenis CCTV yang ditawarkan dengan harga beraneka ragam. Setiap jenis CCTV memiliki fungsi dan spesifikasi berbeda, nih. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Contohnya saja jenis dome camera indoor yang dikhususkan untuk pemasangan di dalam rumah atau gedung karena tidak tahan dengan terpaan cuaca ekstrem. Kalau kamu membutuhkannya untuk merekam di tempat yang minim cahaya, kamu bisa memilih CCTV day and night camera. Disarankan untuk memilih CCTV yang dilengkapi teknologi IR CUT atau Infrared Night Vision berukuran 850 nm dengan kemampuan merekam dengan kondisi minim cahaya sampai jarak hingga  7 meter.

Lokasi yang tepat untuk memasangnya

Ketika memutuskan mencari tempat yang tepat untuk memasang CCTV, perhatikan sekeliling dahulu. Jangan sampai kamu memasangnya di tempat kurang strategis misalnya di tempat dengan banyak objek mengganggu sehingga bisa menghalangi CCTV merekam bagian penting. Kamu bisa berkonsultasi dulu dengan penjual atau pihak yang menyediakan jasa pemasangan CCTV. Biasanya alat ini dipasang di area penting seperti di depan pintu utama atau dekat pintu pagar. Sementara kalau kamu mau menggunakannya di toko atau tempat bisnis, kamu bisa meletakkannya di area kasir.

Jangan lupakan perawatan CCTV

Seperti barang dan alat lainnya, CCTV juga perlu dirawat agar tetap awet dan bisa menghasilkan performa maksimal. Sesekali perhatikan kondisinya terutama untuk tempat-tempat terbuka karena lebih rawan akan kotoran. Jika sudah berdebu ini waktunya untuk dibersihkan. Kalau masih ragu, kamu bisa memanggil teknisi untuk membersihkannya. Nah, kalau ingin membersihkannya sendiri perhatikan step dan peralatan yang digunakan. Misalnya menggunakan  dust blower atau kain microfiber untuk menghindari goresan pada lensa. Selain membersihkannya, sebaiknya kamu rutin untuk mengecek hardisk-nya. Hardisk yang berjalan semestinya akan memberi informasi normal. Sementara kalau tidak memberikan informasi apa pun kemungkinan terdapat kerusakan.

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin memasang CCTV. Jangan sampai pemasangan CCTV jadi sia-sia karena tidak melakukannya dengan benar. Semoga bisa membantu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *