Jangan Sampai Salah, Ini Cara Merawat Gigi Palsu dengan Benar

Dalam kondisi tertentu, seseorang disarankan untuk menggunakan gigi palsu atau buatan. Beberapa kondisi tersebut antara lain copot, rusak, dan sebagainya. Pemasangan benda ini juga tidak boleh sembarangan, yakni harus dilakukan di dentist Jogja maupun daerah lainnya. Setelah terpasang, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya.

Merawat gigi palsu memang butuh ketelatenan cukup besar. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan iritasi atau dampak buruk terhadap kesehatan gigi dan mulut. Sebagai referensi, Anda bisa menyimak beberapa tips merawatnya berikut ini. Dengan demikian, selain gigi buatan menjadi lebih awet, kesehatan mulut juga akan terjaga.

Cara Merawat Gigi Buatan dengan Benar

1. Lepaskan sesudah makan

Selain memperbaiki penampilan, benda ini biasanya juga berfungsi membantu ketika mengunyah makanan. Agar semakin terawat, segera lepaskan setelah selesai makan. Setelah itu, jangan lupa membersihkannya menggunakan sikat lembut beserta pasta gigi khusus gigi buatan. Saat ini sudah terdapat banyak produk khusus kasus tersebut yang mudah ditemui.

Kesalahan sebagian orang adalah tetap menggunakan gigi palsu setelah makanan. Alasannya beragam seperti malas atau tidak punya waktu membersihkan. Padahal, langkah ini bisa dikatakan cukup penting agar bisa bertahan lebih lama. Jika jarang dibersihkan secara rutin, gigi palsu tersebut akan mengalami kerusakan perlahan-lahan hingga akhirnya tidak bisa digunakan kembali.

2. Rendam di saat tidak digunakan

Ada kalanya benda ini harus dilepas seperti ketika tidur atau saat berkegiatan di rumah saja. Di saat itu, sebisa mungkin rendamlah di dalam air pembersih khusus. Hal ini bertujuan menjaga kelembapan nya. Sebagai catatan, jangan pernah merendam menggunakan air panas karena dapat menyebabkan perubahan bentuk serta berlubang.

Ketika ingin menggunakannya kembali, jangan lupa membersihkannya kembali. Bagi sebagian orang mungkin hal ini akan cukup merepotkan. Namun, jika sudah terbiasa atau setidaknya menyadari betapa pentingnya hal tersebut, lama-kelamaan akan terbiasa. Lagipula, ini dilakukan juga untuk kebaikan diri sendiri.

3. Tidak sembarangan memegang

Meskipun terlihat seperti asli, nyatanya benda ini merupakan benda rawan rusak. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika sedang memegang. Terbentur benda lain atau jatuh bisa membuatnya pecah. Gunakan handuk untuk melapisi wastafel ketika mencuci supaya mengurangi risiko terjadi benturan keras. Jika sudah telanjur pecah, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang kembali guna membuatnya lagi.

4. Jangan menggunakan pasta gigi biasa

Pasta gigi untuk gigi buatan memang ada khusus. Jadi, jangan pernah menggunakan produk biasa untuk kasus tersebut. Hal ini akan menyebabkan organ ini mudah rusak serta rapuh. Umurnya pun akan menjadi lebih pendek. Sebisa mungkin gunakan pasta khusus. Biasanya produk tersebut memiliki kandungan yang tidak terlalu abrasif sehingga lebih aman saat digunakan.

5. Hindari makanan keras dan minuman panas

Penting juga untuk selektif dalam memilih makanan. Kekuatan gigi buatan tentu tidak sekuat aslinya. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan keras serta minuman panas. Selain itu, makanan kenyal juga tidak direkomendasikan seperti permen karet. Minuman panas dapat merusak komponen pembentuknya sehingga cepat mengalami masalah.

Dengan melakukan cara di atas, gigi buatan akan menjadi lebih awet. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah selalu pilih tempat pemasangan berkualitas, salah satunya adalah Opal Dental. Opal Dental merupakan salah satu Dentist Jogja dengan kualitas terbaik. Selain pemasangan, ada banyak layanan lain seperti pemasangan behel, periksa rutin, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.