20 Mei 2024
Jangan Asal Beli, Ini 7 Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya!

Freepik

Jenis pipa air memang dibuat berbeda-beda, karena memiliki fungsinya masing-masing. Karena itu, Anda harus memilih distributor pipa Indonesia terpercaya, seperti Vinilon agar tidak salah beli. Vinilon sendiri merupakan kontributor yang sudah mengikuti standar ISO dan SNI. Sehingga, setiap produknya memiliki kualitas yang terjamin.

Jangan Asal Beli, Ini 7 Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya!
Freepik

Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya

Sebelum membeli pipa air, kamu harus tahu apa fungsi dari produk tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempelajari beberapa jenis pipa air ini sebelum membeli produk pipa air untuk berbagai kebutuhan. Berikut rangkumannya:

1. Pipa PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis pipa air pertama adalah PVC yang merupakan salah satu pipa paling populer. Bahan dasar pipa ini adalah plastik polivinil klorida yang aman untuk penyaluran air deras. Bahkan, jenis pipa ini juga relatif lebih murah dan memiliki proses instalasi yang lebih mudah.

2. Pipa PEX (Cross-Linked Polyethylene)

Berikutnya ada pipa plastik tahan lama yang sering digunakan untuk menyuplai air. Pipa PEX cukup kaku, sehingga efektif untuk menahan tekanan suplai air besar. Walaupun begitu, pipa ini juga cukup fleksibel. Sehingga cocok untuk instalasi air saat membangun rumah impian.

3. Pipa HDPE (High Density Polyethylene)

Berikutnya ada jenis pipa yang terbuat dari bahan termoplastik dengan elastisitas tinggi. Tingkat keamanannya juga sangat baik. Sehingga jenis ini sangat cocok mengalirkan air untuk kebutuhan rumah tangga.

4. Pipa Flexi

Selanjutnya adalah jenis pipa yang terbuat dari stainless steel dan paling cocok untuk sambungan peralatan air. Seperti heater, shower, toilet, dan masih banyak lagi. Selain bahannya yang kuat, pipa flexi juga tahan terhadap suhu tinggi. Sehingga lebih tahan lama walaupun sering digunakan.

5. Pipa Air Tembaga

Pipa berikutnya terbuat dari bahan non plastik, karena bahan ini murni terbuat dari tembaga. Pipa ini juga sangat kuat, tahan lama, dan anti karat. Namun, karena kelebihannya tersebut, pipa tembaga memiliki harga yang lebih mahal dari jenis lainnya.

6. Pipa ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)

Jenis pipa air ABS adalah jenis yang paling dekat dengan PVC. Namun, punya warna hitam dan tekstur yang lembut. Karena terbuat dari bahan resin, pipa ini paling cocok untuk saluran pembuangan maupun ventilasi.

7. Pipa Galvanis

Jika Anda ingin pipa yang lebih aman dengan daya tahan yang tinggi, Anda bisa menggunakan pipa galvanis. Pipa yang berlapis baja dengan intensitas dan ketahanan lebih tinggi dari pipa lain. Namun, karena memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi, proses pemasangannya akan lebih rumit.

Mana Jenis Pipa Air yang Paling Sering Anda Jumpai?

Nah, itulah beberapa jenis pipa air beserta fungsinya. Karena memiliki fungsi dan bahan yang berbeda, Anda harus memahami setiap pipa yang akan Anda beli. Pastikan untuk membeli produk terbaik sesuai kebutuhan di distributor pipa terpercaya Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *