20 Mei 2024

Layar sentuh menjadi teknologi yang kini telah banyak diterapkan di berbagai perangkat, salah satunya adalah smartphone. Demi kenyamanan pengguna, Samsung memberikan fitur untuk cek touchscreen hp Samsung. Kegiatan ini penting dilakukan supaya bisa mendeteksi performa komponen layar serta berbagai jenis kerusakan jika ada. Dengan demikian, dapat segera memperbaikinya.

Cara Melakukan Pemeriksaan Touchscreen di Samsung Semua Tipe

Bagian smartphone berupa layar menjadi yang paling sensitif sehingga membutuhkan perawatan secara baik. Apabila dalam penggunaan sehari-hari mendapatkan sejumlah gangguan, seperti benturan keras, jatuh, hingga terkena benda tajam, akan mempengaruhi kinerjanya. Oleh sebab itu, disarankan melakukan pengecekan touchscreen Samsung dengan beberapa metode di bawah ini.

Memasukkan Kode Unik di Menu Dial Pad

Pengguna Samsung semua tipe dapat menggunakan metode pertama yaitu memasukkan kode rahasia melalui Menu Panggilan. Kode ini akan membawa ke pengaturan pengecekan. Berikut tutorial selengkapnya untuk bisa Anda ikuti.

  • Buka Menu “Panggilan” atau “Dial Pad”
  • Ketik kode *#0*#* atau *#*0*#*#*
  • Masuk ke halaman “Touchscreen Test”
  • Muncul kotak-kotak garis
  • Tap/sentuh kotak tersebut
  • Ikuti perintah sampai selesai

Apabila layar dalam keadaan normal, maka akan diketahui dengan warna garis kotak menjadi hijau. Tetapi, jika ada error atau masalah, warna hijau tersebut tidak muncul. Dengan begitu, perlu mengecek lebih lanjut ke ahlinya.

Menggunakan Aplikasi Partial Screen

Metode selanjutnya dimana dapat diikuti di semua tipe Samsung adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu rekomendasinya bernama Partial Screen. Ikuti proses pemakaian app selengkapnya di bawah ini.

  • Unduh dan pasang aplikasi Partial Screen di Play Store
  • Jalankan aplikasinya
  • Ikuti perintah sampai selesai

Dalam app ini, pengguna dapat mendeteksi adanya masalah pada layar sentuh.  Selain itu, juga terdapat metode Ghost Touch untuk memblokir sentuhan baik dilakukan cek secara manual atau otomatis.

Itu dia ulasan tentang bagaimana cara cek touchscreen hp Samsung yang mudah dan dapat diterapkan di semua tipe. Lakukan pengecekan berkala untuk dapat mengetahui kerusakan pada layar sejak awal sebelum menjadi lebih parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *