Asuransi Rawat Jalan, Seperti Apa Kebijakan dan Pertimbangannya?

Asuransi Rawat Jalan

Mempunyai asuransi kesehatan kini sudah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk melindungi diri. Namun, tahukah Anda kalau asuransi kesehatan mempunyai beberapa jenis yang ditujukan untuk layanan yang lebih spesifik? Salah satu di antaranya adalah asuransi rawat jalan Prima yang sudah dilengkapi layanan untuk pengobatan di luar rumah sakit. Bahkan produk ini memungkinkan Anda untuk melakukan klaim secara cashless!

Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan dan kebijakannya

Sebagai salah satu jenis asuransi kesehatan, asuransi rawat jalan berfungsi sebagai asuransi pengganti biaya untuk pengobatan penyakit, khususnya yang tak membutuhkan perawatan intens di rumah sakit. Rawat jalan pun dapat menjadi lanjutan rawat inap yang memungkinkan Anda berobat dan beristirahat di rumah. Ada berbagai benefit dan layanan yang akan Anda peroleh, antara lain membayar biaya konsultasi dokter, obat-obatan, hingga tes laboratorium.

Masing-masing perusahaan asuransi mempunyai kebijakan untuk cover rawat jalan, tetapi rata-rata memberlakukan aturan berikut:

  • Pembatasan pelayanan, sehingga nasabah atau pihak tertanggung wajib memperoleh rujukan dokter umum untuk mengunjungi dokter spesialis;
  • Pembatasan frekuensi kunjungan hingga pengobatan dalam kurun waktu setahun;
  • Pembatasan jumlah rumah sakit yang dapat nasabah atau tertanggung kunjungi.

Pertimbangan sebelum mengambil asuransi rawat jalan

Selain polis dan biaya premi, berikut beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum mengambil asuransi rawat jalan:

  • Klaim yang bisa diambil. Sesuai namanya, asuransi rawat jalan hanya ditujukan untuk berobat jalan. Meski begitu, Anda harus cek kebijakan dan hal-hal apa saja yang bisa diklaim agar mendapatkan benefit yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda membayar premi untuk layanan yang tak diperlukan atau tak terpakai;
  • Sudah jadi rekanan berbagai rumah sakit. Walau nantinya berobat di rumah, Anda sebaiknya pastikan perusahaan asuransi sudah rekanan dengan berbagai rumah sakit. Seperti My Protection Prima yang sudah rekanan dengan lebih dari 900 rumah sakit di Indonesia;
  • Prioritaskan asuransi dengan plafon tinggi. Plafon atau jumlah untuk membayar perawatan tinggi akan memungkinkan tertanggung menerima layanan terbaik. Selain itu, Anda bisa leluasa berobat di rumah sakit tanpa memusingkan biaya, terutama untuk perawatan jangka panjang;
  • Mudah saat akan mengakhiri kontrak. Jangan abaikan cara mengakhiri kontrak asuransi. Tak sedikit perusahaan yang mempersulit nasabah saat mereka ingin mengakhiri kontrak sebelum berakhir. Jadi sebelum menandatangani kontrak di awal, Anda sebaiknya pelajari setiap poin dengan saksama dan tanyakan topik yang kurang dipahami.

Layanan dan manfaat yang asuransi rawat jalan berikan memang tampak lebih ringan dibandingkan asuransi rawat inap. Meski demikian, produk ini bakal berguna buat Anda yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu dan harus menjalani pengobatan jalan secara berkala, sehingga biaya yang nanti dikeluarkan tak terlalu besar.

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-asuransi-rawat-jalan-dan-pertimbangan-sebelum-memilihnya

https://www.car.co.id/id/ruang-publik/tips-trik/careinsurance/perlukah-anda-memiliki-asuransi-rawat-jalan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.