24 Februari 2024

Penggunaan dari keberadaan jasa pelatihan HRD mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya jasa pelatihan bermunculan terutama di pusat-pusat bisnis.

Adapun tujuan training HRD ternyata memang sangat banyak sehingga perusahaan Anda memang disarankan untuk mengadakannya. Terlebih lagi bagian HRD inilah akan berhubungan secara langsung dengan pengelolaan sumber daya manusia yang terdapat di perusahaan.

Cara Menganalisa Kebutuhan Jasa Pelatihan HRD

Bagian divisi human resource development inilah memang mempunyai peran yang sangat penting seperti membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan, menyelenggarakan kegiatan rekrutmen, memberikan training sekaligus development untuk karyawan hingga pemberian kompensasi dan keuntungan.

Nah sebelum Anda memutuskan untuk menyewa jasa training HRD, maka perlu untuk melakukan analisis terlebih dahulu. Dalam proses analisis inilah biasanya akan membutuhkan teknik tertentu yakni training needs analysis atau TNA.

Ini adalah salah satu bentuk training dimana berguna untuk mengecek kesenjangan antara kompetensi yang diharapkan perusahaan, jabatan sekaligus posisi dari jabatan. Agar kegiatan analisis tersebut dapat diterapkan, maka sebaiknya simak langkah-langkah berikut:

Menentukan Hasil Yang Diinginkan Perusahaan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan jasa pelatihan HRD adalah menentukan hasil dimana diinginkan oleh perusahaan. Selain untuk tujuan bisnis, tetapi juga harus mampu menentukan tujuan terutama untuk pekerjaan di posisi terentu.

Cobalah Prioritaskan Kompetensi

Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah Anda dapat mengindentifikasi kompetensi dimana diinginkan menggunakan beberapa cara. Seperti melalui survei, wawancara, membagikan kuesioner, analisas SWOT hingga tes.

Melalui data itulah akan dikumpulkan, kemudian bisa memberikan skor sesuai nilai masing-masing kompetensi sesuai dengan tujuan dari perusahaan.

Melakukan Evaluasi Kompetensi

Sesudah Anda membuat daftar kompetensi, maka cobalah melakukan evaluasi daftar sebagai dasar untuk memberikan pelatihan kepada karyawan. Terdapat beberapa cara untuk evaluasi seperti tes online, kuesioner, survey dan masih banyak lagi.

Melakukan Indentifikasi Kesenjangan Kinerja

Sesuai dengan informasi dari evaluasi kompetensi tadi, maka Anda bisa menemukan adanya kesenjangan ini. Melalui penetapan standar itulah, Anda akan lebih mudah dalam melakukan indetifikasi berada banyak karyawan dengan nilai di atas ataupun bawah normal.

Menentukan Metode Pelatihan Yang Tepat

Cara melakukan analisa training HRD berikutnya adalah dengan menentukan metode pelatihannya nanti. Jangan khawatir karena jasa pelatihan professional biasanya akan mempunyai beberapa pilihan metode training termasuk juga melalui konferensi video.

Menghitung Biaya Untuk Pelatihan

Analisis terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan menghitung biaya pelatihan tersebut. Apakah biaya tersebut sudah sesuai dengan manfaatnya ataukah tidak? Anda bisa membicarakan denganĀ  rekan-rekan.

Melakukan analisis jenis pelatihan apakah yang tepat untuk karyawan terutama divisi HRD tidaklah mudah seperti di bayangkan. Agar pelatihan dapat berjalan dengan baik, maka jasa pelatihan HRD dari konsultanhrd.co.id dapat dijadikan sebagai andalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *