20 Mei 2024
Faktor Dibalik Naik Turunnya Harga BBM

Masyarakat Indonesia sudah familiar dengan berita harga BBM turun dan naik. Berita semacam ini sudah sering terdengar dan kadang berpengaruh terhadap emosi warga. Tapi, apa sebenarnya yang membuat harga BBM mengalami penyesuaian, kenaikan maupun penurunan?

PT Pertamina masih merupakan penyedia BBM yang paling terkenal di Indonesia. Harga yang ditawarkan oleh PT Pertamina masih lebih rendah jika dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Shell. Tapi tetap saja, harga BBM Pertamina sering mengalami penyesuaian.

Faktor Dibalik Naik Turunnya Harga BBM

Faktor Dibalik Naik Turunnya Harga BBM

Harga BBM bisa mengalami penurunan dan kenaikan karena berbagai faktor. OPEC, situasi berbagai negara yang menghasilkan minyak, penemuan baru dan perkembangan teknologi hanya beberapa faktor yang mempengaruhi harga BBM. Berikut ini keterangannya.

1. OPEC

OPEC atau Organization of the Petroleum Exporting Countries merupakan pemegang posisi yang sangat penting, yaitu sebagai kartel yang mempengaruhi sisi suplai, khususnya dalam jual beli minyak dunia. Tren harga minyak dunia kadang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Beberapa contoh faktor yang bisa mempengaruhi harga minyak dunia antara lain konflik geopolitik dan perubahan kapasitas produksi yang dimiliki oleh setiap negara.

2. Situasi negara penghasil minyak

Sekitar 62% persediaan minyak yang ada di dunia berasal dari Timur Tengah. Dan ada lima negara yang dikenal sebagai penghasil minyak, yaitu Kuwait, Irak, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Perbaikan kondisi keamanan dan politik di Timur Tengah sangat berpengaruh terhadap harga minyak.

Jika kondisi keamanan dan politik semakin meningkat, maka kemampuan Timur Tengah untuk suplai minyak akan meningkat sehingga harga minyak akan mengalami penurunan. Tapi kalau ketegangan meningkat, maka suplai minyak akan menurun dan harga minyak pun mengalami kenaikan.

3. Penemuan baru dan perkembangan teknologi

Segala macam penemuan baru yang berkaitan dengan eksplorasi minyak mampu membuat harga BBM meningkat tajam atau mengalami penurunan. Contohnya adalah pengembangan metode fracking. Penemuan ini bertujuan untuk memperoleh minyak Shale dan bisa menurunkan harga minyak.

Berbagai penemuan dan perkembangan teknologi yang berhubungan dengan minyak yang akan memberikan pengaruh terhadap harga BBM.

4. Perusahaan minyak

Perdagangan yang sudah terglobalisasi biasanya tidak hanya bergantung pada komoditas tertentu tapi juga bergantung pada perusahaan yang punya peranan dalam distribusi serta produksi komoditas tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa mempengaruhi harga minyak.

Beberapa contoh langkah yang mempengaruhi harga BBM adalah proses pengeboran atau oil drilling dan proses penyimpanan atau inventory.

5. Permintaan minyak global

Minyak termasuk komoditas yang diperjualbelikan di tingkat nasional sehingga harganya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya permintaan, misalnya dalam perdagangan kendaraan bermotor. Jika penjualan kendaraan bermotor terus mengalami peningkatan, maka harga BBM juga akan terpengaruh.

Harga BBM turun dan naik bukannya tanpa sebab. Pemerintah tidak semena-mena dalam menyesuaikan harga BBM. Dengan memahami semua faktor yang mempengaruhi harga BBM, Anda akan lebih memahami penyesuaian apapun yang berkaitan dengan harga BBM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *